Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Prisma dan Limas Berdasarkan Prosedur Newman

Main Article Content

Patrisia Timo
Selestina Nahak
Oktovinus Mamoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi prisma dan limas berdasarkan prosedur Newman.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan  kualitatif.Subjek penelitian siswa kelas VIIIᵈ  SMPK St. Yosep Maubesi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur Newman yaitu : (1) kesalahan membaca dengan persentase kesalahannya sebesar 12.5%, (2) kesalahan memahami masalah persentase kesalahannya sebesar 58.75%, (3) kesalahan transformasi persentase kesalahannya sebesar 26.25%, (4) kesalahan keterampilan proses persentase kesalahannya sebesar 26.25%, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir persentase kesalahannya sebesar 66.25%. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa yaitu siswa tidak mempunyai penguasaan materi yang cukup sehingga siswa tidak memahami kata kunci atau arti kata dalam soal, siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta siswa juga keliru dalam melakukan proses perhitungan dan juga siswa tidakterbiasa menuliskan kesimpulan dari soal yang dikerjakan.

Article Details

How to Cite
Timo, P., Nahak, S., & Mamoh, O. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Prisma dan Limas Berdasarkan Prosedur Newman. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 197–208. https://doi.org/10.32938/jipm.7.3.2022.197-208
Section
Articles