MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP SATAP NEGERI MAUSAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Article Content

Yulianus Leu
Stanislaus Amsikan
Oktovianus Mamoh

Abstract

Artikel dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pokok Bahasan Bilangan Bulat Kelas VII SMPSN Mausak”.Rumusan masalahyaitu Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMPSN Mausak?.Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matemtika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Satap Negeri Mausak.Jenis penelitian adalahPenelitian Tindakan Kelasdengan menerapkan  model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA berjumlah 18 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer. Alat pengumpulan data adalahlembar observasi dan tes. Cara mengumpulkan data dengan observasi dan tes. Pelaksanaan Penelitian dalam 2siklus, dengan tahapan perancanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik analisis data dengan menganalisis data hasil observasi dan hasil tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaranmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Bilangan bulat pada siswa kelas VIIA SMPSN Mausak. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas setiap siklus yaitu siklus I sebesar 61,11% dan siklus II meningkat menjadi 83,33%.

Article Details

How to Cite
Leu, Y., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP SATAP NEGERI MAUSAK TAHUN AJARAN 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 52–58. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.52-58
Section
Articles

References

Ani Setiani, Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Innovatif. Bandung, Alfabeta.

Dimyati, 2015.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, A.HM, dkk.2014.Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamzah U, & Kuadrat, M. 2009.Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heardy07. Wordpress.com /2012/01/ Pengaruh-model Pembelajaran NHT”.

Hosnan, 2016.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran, Bogor, Ghalia Indonesia.

Irma Pujiati. 2008. “Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT”. Jurnal Ilmiah Pendidikan.1 (1): 1-20. Jurnal bidandiah.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Jurnal Matematika Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Pokok Segiempat.

Lorina, Pirade. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN No. 1 Tanjung Padang: Palu. Universitas Tadulako. Elementary School of Education E-Journal, Media Publikasi Ilmiah Prodi PGSD Vol 2, Nomor 2, Juni 2014.

Lefrancois, 1988.Paradigma Pembelajaran.

Ompusunggu, V.D.K. 2014.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui Pendekatan Problem Posing.Jurnal Saintech, 6 (4).

Rusman, 2013.Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, 2016.68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Russ Media.

Sudjana, N. 2011.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, N S. 2007. Metode Penelitian Tindakan. Bandung Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: Remajaja Rosdakarya.

Sudiana. 2012. Upaya Pengembangan Soft Skills melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol.1, No.2.

Sonbay, Yanuaria. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Di SMPK Putra St. Xaverius kefamenanu Kelas VIIIC Tahun Pelajaran 2016/2017.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teori-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.