Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras pada Siswa SMP

Authors

  • Angelina I. Cunha Mahasiswa Pendidikan Matematika Unimor
  • Eva Binsasi Program Studi Pendidikan Matematika Unimor
  • Selestina Nahak Program Studi Pendidikan Matematika Unimor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jipm.4.3.2019.86-91

Keywords:

Jenis Kesalahan, Faktor Penyebab Kesalahan, Teorema Pythagoras

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan siswa serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu 3 orang siswa kelas IX B SMP St. Yosef Maubesi yang melakukan kesalahan tingkat tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa  yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut yaitu (1) siswa tidak mampu mentransformasikan soal ke dalam bentuk gambar, (2) siswa lupa menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan dalam jawaban, (3) siswa hanya terpaku dengan rumus yang sudah dihafalnya, (4) siswa tidak dapat membedakan perkalian biasa dengan perkalian berpangkat.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Cunha, A. I., Binsasi, E., & Nahak, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras pada Siswa SMP. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(3), 86–91. https://doi.org/10.32938/jipm.4.3.2019.86-91

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.