Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras pada Siswa SMP

Main Article Content

Angelina I. Cunha
Eva Binsasi
Selestina Nahak

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan siswa serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu 3 orang siswa kelas IX B SMP St. Yosef Maubesi yang melakukan kesalahan tingkat tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa  yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut yaitu (1) siswa tidak mampu mentransformasikan soal ke dalam bentuk gambar, (2) siswa lupa menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan dalam jawaban, (3) siswa hanya terpaku dengan rumus yang sudah dihafalnya, (4) siswa tidak dapat membedakan perkalian biasa dengan perkalian berpangkat.

Article Details

How to Cite
Cunha, A. I., Binsasi, E., & Nahak, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras pada Siswa SMP. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(3), 86–91. https://doi.org/10.32938/jipm.4.3.2019.86-91
Section
Articles