Pengaruh Pembelajaran Discovery learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Main Article Content

Tiyah Pramiswari
Afifah Nur Aini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Discovery learning dilaksanakan dengan sintaksis: stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification dan generalization. Pendekatan saintifik dilaksanakan dengan langkah: mengamati, menanya, mencoba, menghubungkan, dan mengkomunikasikan. Penelitian berjenis eksperimen dan dilakukan pada MTs Al-Amien Jember dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes pemecahan masalah. Pada tahap awal, dilakukan uji homogenitas pada kedua kelas sampel. Kemudian dilaksanakan pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik materi aritmatika sosial pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran, dilakukan post-test untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil post-test menunjukkan rerata hasil tes kelas eksperimen sebesar 90,60 dan kelas kontrol sebesar 82,43. Pada uji statistik dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat serta uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan skor post-test kedua kelas. Artinya, ada pengaruh signifikan penerapan pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Article Details

How to Cite
Pramiswari, T., & Aini, A. N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Discovery learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(2), 468–477. https://doi.org/10.32938/jipm.v9i2.4905
Section
Articles

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451-462. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10289/3165
Aini, A. N. (2017). Peran Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika. PROSIDING, 38.
Aini, A. N. (2021). Peran Adversity Quotient dan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika. http://digilib.uinkhas.ac.id/3028/1/1.%20Makalah%20Disper%20Afifah.pdf
Aini, A. N. (2021, December). Pengaruh Penguasaan Materi Matematika Sekolah Menengah terhadap Efikasi Diri Mahasiswa. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 4, No. 1, pp. 1-6). http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1439
Alimuddin, Mulbar, U., Rahmadani, (2021, May). The Impact of Discovery learning with a Scientific Approach in Mathematics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1899/1/012135/pdf
Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2019, February). Self-confidence and mathematics achievement using guided discovery learning in scientific approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042093). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/4/042093/pdf
Ariani, A., Widada, W., & Herawaty, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 84-92. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/11413/5738
Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018, April). Development of scientific approach based on discovery learning module. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, p. 012101). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/335/1/012101/pdf
Hermayuni, N. M. T. D., Lasmawan, I. W., & Gunamantha, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Treffinger. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/44008/21360
Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 100-104. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1641633&val=14482&title=Investigasi%20Implementasi%20Model%20Discovery%20Learning%20Berbasis%20Pendekatan%20Saintifik%20Dalam%20Meningkatkan%20Aktivitas%20dan%20Hasil%20Belajar%20IPA
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213-220. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1602874&val=7291&title=MODEL%20DISCOVERY%20LEARNING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/5821/6336
Muhammad, I., Darmayanti, R., & Arif, V. R. (2023). Discovery learning Research in Mathematics Learning: A Bibliometric Review. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72-84. https://www.journal.assyfa.com/index.php/dpjpm/article/view/77/20
Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 301045. https://pdfs.semanticscholar.org/bf45/0bb93b9def7280e1b430635d2d3b45e99283.pdf
Nurzaman, W., Fitriani, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siwa SMP Pada Materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 693-702. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10189/3241
Aini, A. N., & Putri, I. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Keaktifan pada Pembelajaran Cool-Critical-Creative-Meaningful. Math Educa Journal, 7(1), 1-10. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/5855
Rahmayanti, M. (2021). Application of the discovery learning teaching model in mathematics subjects. Community Medicine and Education Journal, 2(1), 139-145. https://doi.org/10.37275/cmej.v2i1.113
Resmawati, F. S., Prabowo, P., & Munasir, M. (2018, July). The discovery learning model with a scientific approach to increase science learning achievement of students. In Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018) (pp. 198-200). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/miseic-18/25905041
Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa MTs Telukdalam. Jurnal Education and Development, 10(3), 414-419. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4187/2640
Triana, A. Y., Supono, A., & Aini, A. N. (2023, April). Integrating Islamic Values on Math Learning in Welcoming the Society 5.0: How It Works?. In The 1st Annual Conference of Islamic Education (pp. 203-211). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/acie-22/125986043
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/4399/2852