Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Main Article Content
Abstract
Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang urgen bagi siswa. Karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C salah satu SMP yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Utara yang berjumlah 19 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yakni data yang diperoleh langsung dari subjek peneliti. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan klasikal setiap siklus yaitu siklus I sebesar 68,4%. Hasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh rata-rata 2,8 dengan kategori kurang sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata-rata 2,3 dengan kategori kurang. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus II sudah meningkat menjadi 89,5%. Hasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh rata-rata 4,2 dengan kategori baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 3,8 dengan kategori baik. Direkomendasikan kepada guru matematika agar menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik sebagai salah satu alternatif dan memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa
Article Details
References
Afeanpah, R., Son, A. L., & Delvion, E. B. (2023). Profile of Social Arithmetic Problem Solving Ability of Grade VII Junior High School Students. Indonesian Educational Research Journal, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.56773/ierj.v1i1.12.
Arikunto, S. (2006). Hasil Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bau, A. T., Son, A. L., & Laja, Y. P. W. (2023). Pencapaian dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(2), 85-93. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i2.5724.
Fauziah, A., & Putri, R. I. I. (2021). Pembelajaran PMRI Melalui Lesson Study. Bening Media Publishing. 1(2), 1-14. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.100.
Nampung, N., Son, A. L., & Mone, F. (2023). Improving Problem-Solving Ability through a Constructivist Approach in Learning Mathematics for Grade X High School Students. Indonesian Educational Research Journal, 1(2), 97-104. https://doi.org/10.56773/ierj.v1i2.18.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Mali, M. D., & Son, A. L. (2023). Pembelajaran Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(2), 117-124. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i2.5578.
Marliani. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnar Formatif, 5(2): 134-144, http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.333.
Mau, M. S., Son, A. L., & Salsinha, C. N. (2023). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Gaya Kognitif. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 256-269. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.256-269.
Kemmis, S.& Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University
Press.
Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2019). Designing jumping task on percent using pmri and collaborative learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(1), 105-116.
Putri, R. I., Ramdani, M. H., & Yulianti, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 40-49. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2661
Rusnilawati, dkk. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245-258. . http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633.
Ruseffendi, E. T. (2009). Pengajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik. Bandung: Tarsito.
Syahputra, E. dkk. (2017). Analysis Mathematical Problem-Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2),131-137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334
Susilo. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. 7(4), 1-8, http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i4.25092
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sa‟adah, W.N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR). [Skripsi] Universitas Negeri Yogyakarta.
Saharah, (2012). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa kelas 1 SD Intertegral Rahmatullah Tolitoli Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan. Jurnal. Tadulako: Universitas Tadulako, 4(3).
Siswono, dkk. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan masalah matmatika Semi-Terstruktur. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(1), 40-49. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p040-049.