Pengaruh Motivasi Belajardan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Antonio P.S.A. Laka
Stanislaus Amsikan
Selestina Nahak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1).Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun, (2) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun, dan (3) Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 88 orang, dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 73 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket, soal tes dan dokumentasi. Ada dua jenis angket yaitu motivasi belajar dan disiplin. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menjawab hipotesis penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi berganda untuk menjawab hipotesis penelitian ketiga. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien rx1y sebesar 0,591 dan koefisien r2 0,349 (2) ada pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien rx1y sebesar 0,580 dan koefisien r2 0,337 dan (3) ada pengaruh positif antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien R sebesar 0,732 dan koefisien R2 sebesar 0,536, sedangkan 63% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Laka, A. P., Amsikan, S., & Nahak, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajardan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.32938/jipm.4.1.2019.16-24
Section
Articles