PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Article Content

Yuvenalis Kewa Ama
Stanislaus Amsikan
Selestina Nahak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kefamenanu (2) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kefamenanu dan (3) seberapa besar pengaruh minat membaca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kefamenanu. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 68 orang, dan sampel berjumlah 58 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner, soal tes dan dokumentasi. Ada dua jenis kuisioner yaitu minat membaca dan motivasi belajar. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 31 siswa kelas XII. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji Heteroskedastisitas. Teknk analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) ada pengaruh positif antara minat membaca terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai R2 sebesar 0,155 (2) ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai R2 sebesar 0,290 dan (3) ada pengaruh positif antara minat membaca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai R2 sebesar 37,2%, sedangkan 62,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji oleh Penulis dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Ama, Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2020). PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 14-24. https://doi.org/10.32938/jipm.5.1.2020.14-24
Section
Articles

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan (pp. 1-332). Medan: CV. Widya Puspita.

Rahayu, L. T. (2016). Hubungan Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Formatif , 1 (2), 188-201.

Riadi, M. (2014, Januari 15). Pengertian dan Hakikat Membaca. Retrieved Januari 12, 2019, from https://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-dan-hakikat-membaca.html.

Wahyuni, S. (2009). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Jurnal Diksi , 16 (2), 179-189.

Wahyono, B. (2014, Oktober 18). Indikator Motivasi Belajar. Retrieved Maret 19, 2019, from http://www.pendidikanekonomi.com/2014/10/indikator-motivasi-belajar.html