Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Negeri Nunufafi

Authors

  • Jefrianus Matias Asa Mahasiswa Pendidikan Matematika Unimor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jipm.4.2.2019.60-72

Keywords:

Faktor-faktor, Analisis, Pengaruh, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap empat faktor yamg mempengaruhi proses pembelajaran yaitu Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, strategi mengajar dan perangkat pembelajaran. Dari keempat faktor tersebut akan dianalisis untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan dalam proses belajar mengajar serta menjadi acuan bagi guru matematika dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Untuk menentukan faktor yang paling dominan Penulis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian yang  dilakukan merupakan jenis penelitian kuantitatif .  Sumber data yang diambil dalam penelitian ini yaitu  guru matematika berjumlah 2 orang  dan peserta didik kelas VIIIAB berjumlah 32 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen kuesioner yang dibagikan kepada responden. Berdasarkan hasil analisis data maka besarnya faktor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 4,018098, faktor aktivitas siswa adalah 4,00, faktor strategi mengajar adalah 4,00 dan faktor perangkat pembelajaran adalah 4,017391.

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Asa, J. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Negeri Nunufafi. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2), 60–72. https://doi.org/10.32938/jipm.4.2.2019.60-72

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.