EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPK PUTRA ST. XAVERIUS KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Article Content

Amanda Yuvensia Nitbani
Selestina Nahak
Stanislaus Amsikan

Abstract

Sekarang ini kegiatan belajar mengajar lebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang memperoleh pengetahuan secara mandiri. Oleh karena itu diterapkann Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam proses belajar mengajar di kelas agar siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPK Putra St. Xaverius Kefamenanu Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Putra St. Xaverius Kefamenanu tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VII C dan VII D. Data diperoleh dari uji post-test dengan soal uraian. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Dari hasil analisis diata menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Nitbani, A. Y., Nahak, S., & Amsikan, S. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPK PUTRA ST. XAVERIUS KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.32938/jipm.5.1.2020.25-30
Section
Articles

References

Ayuwanti. I. 2016. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Tipe group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal Vol. 1 No. 2, Desember 2016

Dasna, I. W., Dkk. 2005. Pembelajaran Berbasis Masalah: Jurnal PBL. Universitas Negeri Malang

Pratiwi W. 2010. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Group Investigation (Gi)Ditinjau Dari Prestasi Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Kasihan Bantul. Skripsi. PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta

Rahman, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika: Jurnal Al-Khwarizmi, Volume 2, Oktober 2013

Rahmianti, Dkk. 2018. Penggunaan Quipper School Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Mitra Pendidikan (JMP OLINE), Volume 2, No. 2, Februari 2018

Sari, L.S.P, Dkk. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, No.3, September 2014

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah: Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(2): 68-73

Sumarina, H. 2013. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid: e-jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1, No. 2, 2013: 197-207

Suratno, J, Dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Perangkat Lunak Geometri Dinamis: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 2, No. 2, Oktober 2013

Prahmana, R.C.I. (2013). Designing division operation learning in the mathematics of Gasing. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2013, pp. 391-398. Palembang: Sriwijaya University.