PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN NEONBAT DENGAN MATERI POKOK HIMPUNAN

Main Article Content

Petra Nahak
Stanislaus Amsikan
Selestina Nahak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan bahan ajar himpunan dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas  VII SMPN Neonbat;  2) untuk dapat mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan bahan ajar himpunan dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMPN Neonbat. Prosedur pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Self Evaluation; (2) Prototyping (Expert Review dan one to one, serta small group); (3) Field Test.  instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi; (2) lembar kepraktisan bahan ajar (lembar observasi); (3)lembar keefektifan bahan ajar (angket respon siswa dan soal test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “valid” dengan nilai rata-rata 76,31; (2) bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “praktis” dengan nilai rata-rata 79; (3) bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “ sangat efektif” dengan  nilai rata-rata 93,11 dan kategori “baik” untuk soal test dengan nilai 72,72.

Article Details

How to Cite
Nahak, P., Amsikan, S., & Nahak, S. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN NEONBAT DENGAN MATERI POKOK HIMPUNAN. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.32938/jipm.5.1.2020.31-37
Section
Articles

References

Afunia Lasera.2018. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Prakaraya Dan Kewirausahaan Rekayasa Tahun 2017/2018 Man Temanggung. Skripsi.Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Aris Kurniawan. 2109. ”Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Beserta Bidangnya” (online), (https://www.gurupendidik.co.id). Diakses tanggal 30 Januari 2019.

Danu Aji Nugraha, Achmad Binadja, Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innivative Science education.

Ida Rosita, Suripto, Ngatman. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal.Kalam Cendekia, Volume 3, Nomor 5.1, hlm. 545 – 550

I Made Suarjana, Ni.Pt Nanci Riastini. I.Gst.N. Yudha Pustika.2017.Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar. Internasional Journal of Elementary Education.Vol.1(2)pp. 103-114.

Ramdani Ilyas. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Ruslan Saputra, Irham Falahudin dan Gusmelia Testiana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2, No.2, Desember 2016. Hal 249-268.

Yamin Martinis. 2003. Strategi & Metode Dalam Pembelajaran . Jakarta : Referensi GP Press Group.