Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri Nunufafi Pada Materi Bilangan Pecahan Tahun Ajaran 2019/2020
Main Article Content
Abstract
Artikel ini berjudul “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri Nunufafi Pada Materi Bilangan Pecahan TA 2019/2020”. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VII SMPNNunufafi TA 2019/2020 pada materi pecahan.Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPNNunufafi TA 2019/2020 yang berjumlah 25 orang. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 3 butir soal. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua melakukan testdengan indikator keberhasilan ketuntasan kelas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing prestasi belajar siswa meningkat, berdasarkan hasil tes dari ke dua siklus mengalami peningkatan sebesar 16% siklus I yang mengikuti tes sebanyak 25 orang, yang tuntas 16 orang atau ketuntasan kelasnya 64% dan hasil tes siklus II yang mengikuti tes sebanyak 25 orang, yang tuntas sebanyak 20 orang atau ketuntasan kelasnya menjadi 80% pada hasil tes siklus II. Meningkatnya hasil belajar siswa dari tes siklus I ke tes siklus II tidak terlepas dari upaya perbaikan yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan tindakan pembelajaran siklus II.
Article Details
References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV
Anitah, 2008. Media Pembelajaran. Surakarta Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Aryani, F & Hiltrimartin, C. jurnal pendidikan matematika. 2014- ejournal2.unsri.ac.id.pengembangan LKS untuk metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematikakelas VIII di SMP Negeri 18 palembang. Diambil dari https://scholar.google.co.id diakses pada 12 februari 2019
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Teraktual Dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press
Faris, I. 2015. karya ilmiah, penelitian tindakan kelas (PTK) semester VII, semester VII. Diambil dari http://sharematika.blogspot.com//2015/04/pengertian-observasi.html?m=1 di akses pada 20 maret 2019
Hayati, S. 2017. Belajar dan pembelajaran berbasis cooperatif learning. Magelang: graha cendekia Hamsah, 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
James. 2017. Bentuk tes hasil belajar. Di ambil dari http://www.duniapelajar.com/2013/04/03/pengertian-tes-menurut-para-ahli/ diakses pada 20 maret 2019
Karim, A. Jurnal pendidikan. 2011-jurnal upi.edu.penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Diambil dari https://scholar.google.co.id diakses pada 12 februari 2019
Markaban. 2008. Model pembelajaran terbimbing pada pembelajaran matematika SMK. Yokyakarta: pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika
Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Mariani & Mukhtar. 2017. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika DiKelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/download/8906/7767 diakses pada 14 maret 2019
Muhsetyo, dkk. 2010. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nawi. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum. Medan: jurnal Tabularasa PPS UNIMED
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Redi. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Di ambil darihttp://repository.library.uksw.edu diakses pada tanggal 13 februari 2019.
Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Satyawati. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangli. Di ambil dari http://pasca.undiksha.ac.id diakses pada tanggal 13 februari 2019.
Sani,A.R (2013). Inovasi pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Sutikno, 2014. Metode dan model pembelajaran. Lombok: holistika.
Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sumarmo, (2013). Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika : FMIPA UPI. Trends in International Math