Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SDN 6 Cisande

  • Elsa Komala Universitas Suryakancana
  • Neng Resti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dina Nurfadila Universitas Nusa Putra
  • Alyanissa Putri Iskandar Universitas Nusa Putra
  • Noviana Lidya Puspitasari Universitas Jenderal Sudirman
  • Zahirotun Nisa Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Syahra Andriyany Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Kampus Mengajar SDN 6 Cisande

Abstract

Tujuan Kampus Mengajar untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan memberikan peluang dalam meningkatkan kompetensi melalui aktivitas membantu tahapan belajar di sekolah dimana mahasiswa menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, serta mendamipingi pengembangan adaptasi teknologi. Enam mahasiswi yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan melaksanakan program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 6 Cisande Kabupaten Sukabumi. Kegiatannya meliputi aktifitas pra-penugasan, implementasi program kerja, dan akhir penugasan dari 22 Juli 2022 sampai dengan 6 Desember 2022. Hasil capaian program bagi mahasiswa antara lain: (1) Mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran terkait literasi di kelas 1-6. (2) Mampu meningkatkan pembelajaran numerasi kepada siswa 1-6. (3) Dapat meningkatkan pengenalan dan penerapan adaptasi teknologi digital dalam pembelajaran siswa di kelas 6. (4) Membantu sekolah dalam penataan perpustakaan. Kehadiran mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan sangat berdampak dalam kemajuan pendidikan, untuk itu perlu kesinambungan dan kelanjutan atas program kerja yang sudah dijalankan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 serta pembelajaran literasi numerasi perlu ditingkatkan lagi oleh guru SDN 6 Cisande.

References

Anwar, R. N. (2021). Management of Islamic Religious Education Learning in Children with Special Needs. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 539-548.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(1), 210-219.

Himawati, I. P., & Habibah, U. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Dalam Rangka Meningkatkan Peran Mahasiswa Di SDN 95 Kabupaten Kaur, Bengkulu. Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 629–635.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Patimah, P., & Suprihadi, D. (2021). Teknologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Teknologi Pembelajaran, 6(2).

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., & Amin, I. M. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161-164.

Zulvira, R., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846-1851.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. (n.d.). Kampus Mengajar ; Mengubah Tantangan Menjadi Harapan. Apa Itu Kampus Mengajar. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Published
2023-11-04
How to Cite
Komala, E., Resti, N., Nurfadila, D., Iskandar, A., Puspitasari, N., Nisa, Z., & Andriyany, S. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SDN 6 Cisande. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(2), 136-146. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.136-146
Section
Articles