Penyuluhan Bahasa Melalui Budaya 5S Untuk Meningkatkan Karakter Siswa

  • Elsa Komala Universitas Suryakancana
  • Dinni Nurfajrin Ningsih Universitas Suryakancana
  • Cikitha Dewi A Universitas Suryakancana
  • N Dalpa Hasnatul W Universitas Suryakancana
  • Rani Fatmawati Universitas Suryakancana
  • Tsanima Elfa N Universitas Suryakancana
Keywords: Budaya 5S, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan dari penyuluhan bahasa ini untuk memperkenalkan dan meningkatkan karakter siswa melalui budaya 5S. Penyuluhan ini dilakukan di SD Negeri 1 Selakopi Kabupaten Cianjur pada siswa kelas 1 SD. Media yang digunakan selama penyuluhan adalah alat peraga yang dibuat dari karton dan tongkat lalu ditempel dengan gambar kartun yang dapat menarik perhatian. Gambar kartun yang ditempel merupakan gambaran dari budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dan tiga kata ajaib (tolong, terima kasih dan maaf). Tanggapan siswa pada kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia dengan media yang sudah disusun tersebut sangat baik sehingga mereka bersemangat dan aktif pada kegiatan pembelajaran. Penerapan budaya 5S dalam keseharian mereka dapat memperbaiki dan menjadikan semua warga sekolah santun dalam berbahasa dan mempunyai karakter yang baik.

References

Ananda, Y. R., & Handayani, E. T. (2018, October). Pembiasaan Budaya Karakter 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) melalui Konseling Kelompok Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. In 1st ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling. Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688.

Faizah, N. (2022). Pelaksanaan Program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMPN 3 Pademawu (Doctoral dissertation, IAIN Madura).

Nurjanah, I. (2019). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa di MIN 02 Kota Tangerang Selatan. (Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Ilmu Al Quran, Jakarta).

Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67.

Pratiwi, I. A. (2017). Pembiasaan Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) untuk Menumbuhkan Nilai Karakter dan Budi Pekerti Siswa. In Prosiding Seminar Nasional.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, (1), 38-48.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.

Sarwina, E., Praheto, B. E., & Rasijah, R. (2022, May). Penerapan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa Sopan dan Santun) Sebagai Bentuk Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdn 001 Air Asuk. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 88-92).

Nurviyani, V., Helmie, J., Halimah, H., Saepuloh, A., Maoluda, E., & Rahman, R. (2023). Optimalisasi Literasi Emosi Anak-Anak Terdampak Gempa Bumi Cianjur Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(2), 147-159. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.147-159

Published
2024-05-23
How to Cite
Komala, E., Ningsih, D., A, C., W, N., Fatmawati, R., & N, T. (2024). Penyuluhan Bahasa Melalui Budaya 5S Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(1), 25-31. https://doi.org/10.32938/jpsh.3.1.2024.25-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.