Penyuluhan Bahasa Melalui Budaya 5S Untuk Meningkatkan Karakter Siswa
Abstract
Tujuan dari penyuluhan bahasa ini untuk memperkenalkan dan meningkatkan karakter siswa melalui budaya 5S. Penyuluhan ini dilakukan di SD Negeri 1 Selakopi Kabupaten Cianjur pada siswa kelas 1 SD. Media yang digunakan selama penyuluhan adalah alat peraga yang dibuat dari karton dan tongkat lalu ditempel dengan gambar kartun yang dapat menarik perhatian. Gambar kartun yang ditempel merupakan gambaran dari budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dan tiga kata ajaib (tolong, terima kasih dan maaf). Tanggapan siswa pada kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia dengan media yang sudah disusun tersebut sangat baik sehingga mereka bersemangat dan aktif pada kegiatan pembelajaran. Penerapan budaya 5S dalam keseharian mereka dapat memperbaiki dan menjadikan semua warga sekolah santun dalam berbahasa dan mempunyai karakter yang baik.
References
Ananda, Y. R., & Handayani, E. T. (2018, October). Pembiasaan Budaya Karakter 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) melalui Konseling Kelompok Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. In 1st ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling. Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital.
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688.
Faizah, N. (2022). Pelaksanaan Program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMPN 3 Pademawu (Doctoral dissertation, IAIN Madura).
Nurjanah, I. (2019). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa di MIN 02 Kota Tangerang Selatan. (Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Ilmu Al Quran, Jakarta).
Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67.
Pratiwi, I. A. (2017). Pembiasaan Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) untuk Menumbuhkan Nilai Karakter dan Budi Pekerti Siswa. In Prosiding Seminar Nasional.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, (1), 38-48.
Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.
Sarwina, E., Praheto, B. E., & Rasijah, R. (2022, May). Penerapan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa Sopan dan Santun) Sebagai Bentuk Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdn 001 Air Asuk. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 88-92).
Nurviyani, V., Helmie, J., Halimah, H., Saepuloh, A., Maoluda, E., & Rahman, R. (2023). Optimalisasi Literasi Emosi Anak-Anak Terdampak Gempa Bumi Cianjur Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(2), 147-159. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.147-159
Copyright (c) 2024 Elsa Komala, Dinni Nurfajrin Ningsih, Cikitha Dewi A, N Dalpa Hasnatul W, Rani Fatmawati, Tsanima Elfa N
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.