Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 7 dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik di SD Negeri Ciharashas

Authors

  • Ervan Kastrena
  • Rida Restu Ramadhan
  • Resha Robiatul Addawiyah Jalaludin
  • Riesky Aulia Septiana Putri
  • Dhiya Nada Adilah
  • Siti Devie Nurhaliza Azalea
  • Elsa Komala Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.32938/jpsh.v3i2.7629

Keywords:

Kampus Mengajar Literasi Numerasi Peserta Didik

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh Program Kampus Mengajar Angkatan 7 sebagai implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuannya adalah meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik yang menurun akibat pandemi COVID-19. Pengabdian dilaksanakan di SD Negeri Ciharashas dari 22 Januari hingga 19 Juni 2024 dengan pendekatan langsung di lapangan. Kegiatan ini mencakup program kreatif dan inovatif seperti gerakan literasi 15 menit sebelum pembelajaran, jurnal baca, storytelling, pohon GELIS, serta media ajar numerasi. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, evaluasi, dan survei. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada literasi dan numerasi peserta didik serta antusiasme tinggi dalam kegiatan. Program ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan peserta didik, serta menjadi model efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, September, 7(2), 86–94.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856.

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar. Jakarta : Kemendikbud.

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.

Novera, S. T. L. S. Y. I. H. M. (2024). Implementasi Program KerjaLiterasi Mahasiswa KampusMengajar Di Sdn Gelang 1 Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 819–824.

Net, W. W. W. P., Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “ Kampus Mengajar MBKM Program ” on Students ’ Social Skills. 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Nurhasanah, A., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepasaa Masyarakat, 3(1), 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066

Purnama, M., Boru, J., & Hariyana, N. (2022). Peran Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Komptensi SDN Sepatan III Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS PATIKALA, 1(4), 316–324.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Suharman Y., Sejati, S. P., and Pratama, D. A. (2021). Peningkatan Pengetahuan tentang Pembangunan Berkelanjutan Menggunakan Media Cerita Bergambar di Tingkat Sekolah Dasar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(5), 1232–1239.

Umam, K., & Maulidah, L. (2021). Problematika dan Efek Negatif Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 202–217.

Waldi, A., Putri, N. M., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. 5(3), 284–292.

Wibowo, D. H., Sarajar, D. K., & Jacobus, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Identifikasi Dan Asesmen Pada Guru Kelas Sekolah Dasar Inklusi Doddy. 6(4), 2874–2884.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Kastrena, E., Ramadhan, R. R., Jalaludin, R. R. A., Putri, R. A. S., Adilah, D. N., Azalea, S. D. N., & Komala, E. (2024). Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 7 dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik di SD Negeri Ciharashas. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(2), 103–116. https://doi.org/10.32938/jpsh.v3i2.7629

Most read articles by the same author(s)