Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Lingkaran Dengan Menggunakan Strategi Joyfull Learning Pada Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Hasil belajar matematika siswa yang rendah dapat disebabkan oleh lingkungan pembelajaran yang kurang menyenangkan, yang menimbulkan fobia matematika. Guru dituntut untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat memungkinkan siswa untuk belajar dan mencapai prestasi yang maksimal. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran joyful learning. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi joyful learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi joyfull learning. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri Neonbat yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data hasil tes dianalisis untuk mengetahui tingkat ketuntasan siswa. Analisis data hasil tes terdiri dari analisis ketuntasan perorangan dan ketuntasan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa strategi pembelajaran joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN Neonbat