Content Knowledge: Analisis Miskonsepsi Literasi Numerasi Siswa SMP Katolik St. Aloysius Niki – Niki

Main Article Content

Maria Fransiska Venidora Solo
Lailin Hijriani
Meiva Marthaulina Lestari Siahaan

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah matematika yang tidak sesuai dengan pakar di bidangnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis miskonsepsi literasi numerasi pada siswa SMP Katolik St. Aloysius Niki – Niki berdasarkan pada content knowledge. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik St. Aloysius Niki – Niki dengan subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang mengalami enam jenis miskonsepsi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terjemahan, mikonsepsi konsep, miskonsepsi strategi, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi tanda dan miskonsepsi berhitung. Diantara miskonsepsi dalam menyelesaikan permasalahan pada setiap soal siswa belum terbiasa menghadapi soal – soal model PISA akibatnya masih rendahnya kemampuan siswa dalam menghadapi konteks masalah sehingga hasilnya berdampak pada pembuatan strategi, menyusun langkah – langkah pengerjaan sampai pada perhitungan masih belum tepat.

Article Details

How to Cite
Solo, M. F. V., Hijriani, L., & Siahaan, M. M. L. (2024). Content Knowledge: Analisis Miskonsepsi Literasi Numerasi Siswa SMP Katolik St. Aloysius Niki – Niki. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(3), 649–661. https://doi.org/10.32938/jipm.v9i3.6691
Section
Articles

References

Abidin, Y., & Mulyani, T. (2017). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Angkasa.

Argawi, S. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5, 64–75.

Ariandini, D., Anggraeni, S., & Aryani, D. A. (2013). Identifikasi miskonsepsi siswa smp pada konsep fotosintesis melalui analisis gambar.

Fadillah, A. (2019). JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. 3(2), 127–131. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035.

Fridanianti, A., Purwati, H., Hery Murtianto, Y., Kunci, K., Kritis, B., & Kognitif, G. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif (Vol. 9, Issue 1).

Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan,
6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045.

Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp. Journal Of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1). http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/


Mustain, L. (2015). Kemampuan Membaca Dan Interpretasi Grafik Dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. 1–11. www.syekhnurjati.ac.id

Maulana, A., & Hasnawati, H. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Siahaan, M. M. L., Hijriani, L., & Toni. A. (2022). Identifikasi Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Pada Siswa SMA Kelas XI SMAS Warta Bakti Kefamenanu [ Identification of the Numerical Literacy Ability Of Grade 11 Students At Warta Bakti Kefamenanu High School Using The Minimum Competency Assessment instrument]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. 6(2).178.

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number Sense Siswa pada Materi Bilangan. Prosiding Seminar Nasioanal Matematika dan Pendidikan Matematika.

OECD. (2023). PISA 2022: Result In Focus. OECD.

Purwoko, R. Y. (2017). Volume: 3, Nomor: 1, Juni 2017 JPSE: Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru. In Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE).

Ramadhan, M., & Kurniati, D. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berstandar PISA dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI).

Sumarna, N. (2020). Indentifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Kepastian Indeks Respons (CRI) Mengenai Konsep Bilangan Bulat di Kelas IVC SDN 7 Kendari Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 85-93.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) / Sugiyono. Alfabeta.