Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ekspresi Aljabar

Main Article Content

Maria Delviana Mali
Aloisius Loka Son
Justin Eduardo Simarmata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal-soal ekspresi aljabar. Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini data yang terkumpul berbentuk kata-kata sehingga tidak menekankan pada angka. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Belu, pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan literasi matematis tinggi sudah mampu mencapai keseluruhan indikator kemampuan literasi matematis yaitu indikator pemahaman, penerapan, penalaran dan komunikasi. Walaupun dalam proses penyelesaiannya ada beberapa kesalahan penulisan. Siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis sedang mampu memahami indikator pemahaman dan penerapan, namun masih tetap melakukan kesalahan-kesalahan teknis pada indikator tertentu yaitu penalaran dan komunikasi. Sedangkan siswa dengan kemampuan literasi matematis rendah hanya mampu memahami kemampuan literasi matematis pada indikator pemahaman.

Article Details

How to Cite
Mali, M. D., Son, A. L., & Simarmata, J. E. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ekspresi Aljabar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.71-80
Section
Articles
Author Biographies

Aloisius Loka Son, Universitas Timor

Pendidikan Matematika

Justin Eduardo Simarmata, Universitas Timor

Pendidikan Matematika

References

Fahmy, R., Faridh, A., & Wardono, M. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran RME Berbantuan Geogebra. PRISMA, 1, 559–569.

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., Hanggara, Y., & Kepulauan, U. R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal BSIS, 4, 337–348.

Hidayati, Anisatul, & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di Sma Negeri 5 Kediri. Math Educator Nusantara, 01, 131–143.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika.. Jurnal Peluang, 1, 30–41.

Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2), 33-42.

Kusniati. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Melalui Penyelesaian Soal-Soal Ekspresi Aljabar di SMP Negeri 1 Lambu Kibang. (Disertasi). UIN Raden Intan Lampung.

Lofland, (2017:157). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Y., & Pramuditya, S. A. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Kelas Viii Melalui Bahan Ajar Concrete Pictorial Abstract Pada Materi Statistika. Prosiding Seminar Nasional, 285–295. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/831

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Nuridawani, M., Said, & Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2, 59–71.

OECD, (2014). PISA 2012. Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

OECD, (2016). Programme For International Student Assessment Result From PISA 2015. Paris: OECD Publishing.

OECD, (2019). PISA 2018. Assesment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Puspitasari. (2015). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5– 24.

Rudiya, H., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(1), 1–12.

Salsabilla, I., Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6 (1), 92-107.

Sudirman, S., Yunita, I., Senjaya, A. J., Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Relasi Dan Fungsi. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66-74. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.556.

Woodward, J., Beckmann, S., Driscoll, M., Franke, M., Herzig, P., Jitendra, A., Koedinger, K. R., & Ogbuehi, P. (2012). Improving Mathematical Problem-Solving in Grades 4 Through 8 NCEE 2012-4055 U.S. DEPARTMENT OF EDUCATION. http://ies.ed.gov/ncee/wwc/publica

Wahyuni, Z., Roza Y. & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan literasi Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi. 3 (1), 81-92.