Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Umpan Balik Materi Himpunan Siswa Kelas VIIC SMPN Kota Baru Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Vergilia Taitoh
Oktovianus Mamoh
Selestina Nahak

Abstract

Artikel ini berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Umpan Balik Materi Himpunan Siswa Kelas VIIC SMP Negeri KotaBaru Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar  matematika menggunakan umpan balik pada siswa kelas VII SMPNegeriKota Baru tahun ajaran 2019/2020  pada materi Himpunan.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri Kota baru TA2019/2020 yang berjumlah 26 orang. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 2 butir soal. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua melakukan tes dengan indikator keberhasilan ketuntasan kelas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan umpan balikdapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat berdasarkan data hasil tes dari kedua siklus yang mengalami peningkatan sebesar 42.30% dengan rincian siklus I ketuntasan kelasnya42.31%  dan  hasil tes siklus II 84.61%. Peningkatan ini dapat dilihat pada data observasi aktivitas belajar siswa yaitu siklus I skor 2.5 dengan kategori cukup baik dan siklus II skor 3.5 dengan kategori baik.  Meningkatnya hasil belajar siswa dari  tes siklus I ke tes siklus II tidak terlepas dari upaya perbaikan yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan tindakan pembelajaran siklus II. Berdasarkan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode umpan balik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN Kota Baru TA 2019/2020

Article Details

How to Cite
Taitoh, V., Mamoh, O., & Nahak, S. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Umpan Balik Materi Himpunan Siswa Kelas VIIC SMPN Kota Baru Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 44–51. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.44-51
Section
Articles

References

Anggaraini, Wahyu. 2015. Pemberian Umpan Balik(Feedback) Terhadap Hasil Belajar Dan SelfEfficacy Matematis Siwa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(9)

Arends, Richar L. 1997. Pemberian Umpan Balik Menurut Para Ahli. Makalah.

Dimyati dan Mudjiono .2013. Strategi dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Matagraf.

Djamarah, Syaful B. 2015. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen,P. D. & Kauchak, D. P.1994. Strategies For Teachers. Boston: Allyn And Bacon.

Nurhidayah, S. 2018. Implementasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelejaran IPA Kelas V di SD Islam Al Azhar 39 Puwokerto Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi.

Ram, B. 2017. Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar Dan Respon Siswa Kelas X Pada Materi Larutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6 (6)

Rooijakkes,A,Riberu,J. 1993. Mengajar Dengan Sukses: Gramedia

Silverius, S. 1991. Evaluasi Hasil Belajar Dan Umpan Balik. Jakarta: PT Grasindo

Slameto. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Surya, M. 1997. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Predana Media Group.

Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas