Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi SPLDV

Main Article Content

Semuel Ibrahim Amalo
Oktovianus Mamoh
Cecilia Novianti Salsinha

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV masih rendah dalam memahami soal dan menyatakan suatu masalah kehidupan sehari – hari kedalam bentuk matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pelaksanaan pendekatanOpen-Endedterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP N 2 Kefamenanu.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalahQuasi Eksperimendengan desainControl Group Pre-Test Pos-Test Design. Berdasrkan hasil pengujian hipotesis Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswayang belajar menggunakan pendekatanOpen – Endeddengan siswa yangmelakukan pembelajaran secara konvensional. Hasil dari perhitungan Independent Sampel t-test diperoleh thitung= 3.301, dengan a = 5% dan db = 58 dari daftar distribusi tdiperoleh t tabel = 2,001. Aturan untuk mengujinya adalah H0diterima ketik t hitung < t tabel. Sebaliknya, H0 ditolak ketika t hitung > t tabel. Dengan demikian H1diterima artinya rata - rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran pendekatan Open-Ended lebih baik dibandingkan dengan rata - rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvesional.

Article Details

How to Cite
Amalo, S. I., Mamoh, O., & Salsinha, C. N. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi SPLDV. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 175–184. https://doi.org/10.32938/jipm.7.3.2022.175-184
Section
Articles