Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Tasifeto Timur Pada Materi Geometri
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tasifeto Timur dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi Geometri. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tasifeto Timur. Data yang digunakan yaitu data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil observasi disetiap siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil tes dan analisis data hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan persentase ketuntasan kelas dari siklus I hingga siklus III telah melewati standar yang ditentukan yakni rata-rata kelas 59,44 dengan persentase ketuntasan kelas 37,50% pada siklus I meningkat menjadi 73,75 dengan persentase ketuntasan kelas 79,17% pada siklus II dan meningkat menjadi 83,33 dengan persentase 100% pada siklus III. Sedangkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 2,33 kategori cukup. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa 3,17 kategori baik. Pada siklus III rata-rata aktivitas siswa 3,50 kategori sangat baik.
Article Details
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bakar, Muhammad Abu. 1981. Pedoman Pendidikan dan Pemgajaran. Surabaya: Usaha Nasional
Ermayanti dan Dwi Sulisworo. 2016. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Quantum. Magister Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia. Hal. 178.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. Hal. 354
Kurniasih, A. Zulhijrah. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMPN 25 Cenrana
Maliona, F. Putri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Pekanbaru. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Mamoh, Oktovianus. 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMP. Prossiding KNPMP II. Surakarta: UMS. Hal. 458
Nafiah, Y. Nurun. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sartina. 2018. Implementasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Pembelajaran PAI Untuk Membentuk Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Peserta Didik Di UPT SMKN 2 Wajo. Skripsi. Makassar: FTK UIN Alauddin
Sianturi, Aprilita, Tetty Natalia Sipayung dan Frida Marta Argareta Simorangkir. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.6, No.1 : 29-42.
Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta