Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Wederok

Main Article Content

Maria Eviana Telik Nahak
Selestina Nahak
Ferdinandus Mone

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan penyebab terjadinya kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal penyajian data. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang siswa kelas VII B SMP Negeri Wederok yang mengalami kesulitan rendah, sedang dan tinggi.  Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan  hasil analisis data diperoleh bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa yaitu: 1) kesulitan dalam memahami konsep sebesar 50% yang dapat dilihat dari  kesulitan siswa  menyajikan kembalidata ke dalam bentuk diagram batang, 2) kesulitan dalam menerapkan prinsip sebesar 60%  yang dapat dilihat dari    kesulitan siswa  dalam menerapkan prinsip pada penjumlahan  siswa salah dalam perhitungan, 3) kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal sebesar 75%, yang dapat dilihat dari  kesulitan membuat model matematika sehingga siswa tidak bisa menyelesaikan soal. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan yang paling banyak berasal dari faktor internal diantaranya: 1) kemampuan mengingat rendah, 2)  kebiasaan belajar yang rendah, 3) jarang mengulang materi yang disampaikan guru, 4) cara belajar yang kurang baik, 5) kurang perhatian saat pembelajaran dan minat belajar rendah dan 6) kurang terampil dalam perhitungan.

Article Details

How to Cite
Nahak, M. E. T., Nahak, S., & Mone, F. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Wederok. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.105-118
Section
Articles