Efektivitas Pembelajaran Matematika Kelas VIII Melalui Model Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Web

Main Article Content

Ama Noor Fikrati Ama
Ineztasya Eka Rahmadhani
Ririn Febriyanti
Fatchiyah Rahman

Abstract

Keefektifan sebuah pembelajaran didukung oleh peran guru dalam mengelola pembelajaran, keterlibatan siswa, dan sumber belajar/lingkungan belajar yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran matematika kelas VIII melalui model auditory intellectually repetition (AIR) berbantuan web pada materi lingkaran. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jombang pada semester genap tahun 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model AIR berbantuan web, dan siswa kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang diterapkan model kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan rumus persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Indikator efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini ada 2, yaitu: (1) aktivitas belajar siswa pada setiap aspeknya minimal 75%, dan (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya aktivitas siswa di kelas eksperimen yang setiap aspeknya mencapai ≥ 75%, dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model auditory intellectually repetition berbantuan web efektif diterapkan pada pembelajaran matematika khususnya materi lingkaran di SMP Negeri 5 Jombang.

Article Details

How to Cite
Ama, A. N. F., Ineztasya Eka Rahmadhani, Ririn Febriyanti, & Fatchiyah Rahman. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Kelas VIII Melalui Model Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Web. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(3), 635–648. https://doi.org/10.32938/jipm.v9i3.8447
Section
Articles

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78. Doi: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS berbasis saintifik berbantuan Live Worksheets untuk memahamkan konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911-2933. Doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822

Astuti, R., Yetri, & Anggraini, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kemagnetan Kelas IX SMP N 1 Penengahan Lampung Selatan. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 1-12. Doi: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2765

Burhan, A. V., Suherman, & Mirna. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6-11. https://adoc.pub/penerapan-model-pembelajaran-air-pada-pembelajaran-matematikf41ab83e3d1438d48ce84ba0847b2a2b54803.html

Bruce, P., Bruce, A., & Gedeck, P. (2020). Paractical Statistics for Data Scientists 2nd Ed. Publisher(s): O’Reilly Media, Inc

Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal e-DuMath, 2(2), 193-201. Doi: https://doi.org/10.52657/je.v2i2.182

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Sleman: Deepublish

Hanggara, Y., Hisaty, R. P., & Agustyaningrum, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 107-114. Doi: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3792

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. PEDAGOGY: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. Doi: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Luthfiana, M., & Wahyuni, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 50-57. Doi: https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701

Mulyasa. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nuralam, & Maulidayani. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model AIR. Jurnal Numeracy, 7(1), 35-48. Doi: https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997

Nuwiani, & Tristanti, L. B. (2024). Independent Samples T Test and The Mann-Whitney Wilcoxon Test to Know The Effect Of The Drill Method On Mathematics Learnings Outcomes. Journal of Modern Apllied Statistical Methods, 24 (1) 115-134. Doi: https://doi.org/10.56801/Jmasm.V24.i1.12

Ramdani, R., Muslimin, N. A., & Husein, H. (2022). Pengaruh Liveworksheets Dalam Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Barru : Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 243-251. Doi: https://doi.org/10.51878/edutech.v2i3.1471

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sakti, H. G., & Hikayati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Society, 8(2), 65-75. Doi: https://doi.org/10.20414/society.v8i2.1505

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79-88. Doi: 10.36088/islamika.v1i2.208

Trianto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Uno, H.B., & Mohamad, N. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48. Doi: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891