Penerapan Pendekatan Learning Community untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII

Main Article Content

Marni Coriani Bria
Yoseph P. K. Kelen
Oktovianus Mamoh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN Nunufafi materi bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan Learning Community. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Nunufafi pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 3 (tiga) butir soal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan rincian pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua melakukan tes. Dengan Indikator keberhasilan ketuntasan klasikalnya 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat, hal ini dibuktikan pada siklus I presentase ketuntasan kelasnya 66,66 % siswa yang mengikuti tes 24 orang, yang tuntas 16 orang, dan aktivitas siswa dengan kategori cukup baik, serta aktivitas guru dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan kelasnya meningkat menjadi 79,17% yang mengikuti tes berjumlah 24 orang, yang tuntas 19 orang, dengan kategori sangat baik untuk aktivitas siswa dan guru. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Learning Community dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi bilangan pecahan pada siswa SMP Negeri Nunufafi.

Article Details

How to Cite
Bria, M. C., Kelen, Y. P. K., & Mamoh, O. (2019). Penerapan Pendekatan Learning Community untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2), 51-59. https://doi.org/10.32938/jipm.4.2.2019.51-59
Section
Articles