Implementasi Trayek Media Pembelajaran pada Materi Matriks Upaya Sistematis dalam Pembelajaran Matriks di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala pembelajaran matriks di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan melalui implementasi trayek media pembelajaran berbasis visual dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan pendekatan deskiptif kualitatif. Trayek media pembelajaran yang dirancang melibatkan penggunaan infografis, papan matriks dan platform interaktif Educaplay untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan trayek ini mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaan matriks, dengan 95% siswa mencapai ketuntasan. Kesimpulannya, penggunaan trayek media pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matriks.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan.
Haryono, A. (2022). Video Tutorial Interaktif Sebagai Media Belajar Mandiri Matematika. Jurnal Pendidikan Mandiri, 15(2), 78-75.
Hermanto, B. D., & Susilawati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(1), 22-32.
Maharani, A., Rini, R., & Sugiman, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Pedagogi; Jurnal Pendidikan Dasar, 6(17)
Maulana, D. (2021). Tantangan dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Matriks di SMA. Jurnal Pengajaran Matematika, 8(2), 101-109.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belaja Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.
Nuhayati, S., Suherman, S., & Rahmani, A. (2023). Penggunaan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(2), 102-105.
Nurhayati, T., & Suryana, A. (2019). Pengaruh Teknologi dalam Pembelajaran Matematika: Tantangan bagi Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(3), 223-232.
Prasetia, F., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hail Belajar Matematika. EDUSAINTEK, 3.
Rachma, S., & Sutrisno, W. (2021). Pengaruh Animasi Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 12, 67-74.
Rahmawati, F., & Santoso, A. (2022). Simulasi Digital Dalam Pembelajaran Matematika Abstrak. Jurnal Pendidikan Teknologi, 18(3), 45-59.
Rezeki, S., & Amelia, S. (2019). Pengembangan alat peraga kotak matriks kelas XI SMK Hasanah Pekanbaru. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(2), 63-69.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95-108.
Sidabutar, R. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 344-352.
Sidabutar, R. (2021) strategi Dukungan Institusi Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 10(4), 78-85.
Sudiana, I. (2018). Kendala Guru dalam Mengajarkan Materi Matematika di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45-56.
Sukmawati, N. (2023). Implementasi Teknologi Augmanted Reality Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), 30-42.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).