PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIIIB SMPK AURORA KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Maria Yenitriana Nono Universitas Timor
  • Stanislaus Amsikan Universitas Timor
  • Selestina Nahak Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.71-76

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIIB SMPK Aurora Kefamenanu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIBSMPK Aurora Kefamenanu berjumlah 27 siswa, dilaksanakan pada tanggal 24 Juli-2 Agustus  2019 dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh meliputi data hasil pengamatan yang diambil berdasarkan tindakan pada setiap siklus dan data hasil belajar yang diambil dari hasil tes pada akhir setiap siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukan melalui hasil tes akhir yang meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I dari 27 siswa, yang mencapai ketuntasan sebanyak 16 siswa atau 59,25%dengan indikatornya adalah Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan aritmetika. pada siklus II meningkat dari 27 siswa, yang mencapai ketuntasan sebanyak 21 siswa atau 77,78% dengan indikatornya adalah Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan geometri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaranProblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

References

Afandy, M. dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran disekolah.Semarang: Unissula Press

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fachri. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran dikelas VIII SMPN 19 Palu. Nomor 1. Volume 02

Hannafiah dkk. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Khairani, E. dkk. 2018. The Application of Problem Based Learning(PBL) Model for Improving The Mathematics Laerning Achievements in Tha VII.1 Grade Students of SMPN 1 Kampar Timur. Nomor 2. Volume 05.

Khotimah, K. dkk. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maatematika tentang Perkalian dan Pembagian pada siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017. Nomor 2. Volume 05.

Lestari, A. dkk. 2019. Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Student’s Mathematic Learning outcomes At Class VII 2 SMPN 17 PekanBaru. Nomor 1. Volume 06.

Masyithah. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas V Min 3 Banda Aceh. Skripsi

Oktaviani, N. dkk. 2019. Penerapan model problem based learning (PBL) untukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapesertadidikkelas VIII SMPN 20 Pekanbaru.Nomor 1.Volume 06.

Sariningsih, R. dkk. Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. Nomor 1. Volume 01

Sudjana, N. 2011.Penilaian hasil dan proses belajar mengajar. Bandung: RosdaKarya

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Nono, M. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIIIB SMPK AURORA KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.71-76

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.